KBRI Kairo Pulangkan Jenazah WNI Yang Kecelakaan Di Kota Mesir

KBRI Kairo Pulangkan Jenazah WNI Yang Kecelakaan Di Kota Mesir – Seseorang mahasiswi Indonesia wafat dalam satu kecelakaan di ibu kota Mesir, Kairo. KBRI Kairo bersama dengan Kampus Al-Azhar memberi penghormatan paling akhir dengan menyalatkan jenazah di Masjid Al-Azhar, Kairo.

Mahasiswi itu bernama Fatihatun Nahdliyyah, yang wafat sebab kecelakaan di lokasi Mukattam pada Rabu (15/5). Fatihatun adalah mahasiswi tingkat tiga Fakultas Dirasat Islamiyah Universitas Putri, Jurusan Syariah, Kampus Al-Azhar, Kairo.

Berdasarkan penjelasan Kantor Kepolisian Mukattam, Fatihatun sedang berdiri di tepi jalan sebelum tertabrak mobil truk yang mundur tanpa ada lihat kehadiran korban di belakangnya. Dubes RI untuk Mesir Helmy Fauzy langsung mengontak keluarga almarhumah serta siap menolong proses pemulangan jenazah ke Tanah Air. KBRI selekasnya menunjuk seseorang lawyer untuk pastikan hak-hak almarhumah tidak dilanggar.

“Manfaat Protkons serta pengacara KBRI selalu bekerjasama dengan faksi kepolisian serta kejaksaan Mesir dan akan menjaga proses hukum berkaitan masalah wafatnya almarhumah,” kata Helmy dalam info tercatat, Jumat (17/5/2019).

Berkaitan insiden ini, Kantor Grand Sheikh serta Rektorat Kampus Al-Azhar, Kairo, mengemukakan belasungkawa atas wafatnya Fatihatun. Prof Ashraf Atiya sebagai Wakil Rektor Al-Azhar untuk masalah Kulliyah Banat (Universitas Putri), mengatakan langsung kemauannya menyalatkan almarhumah.

“Jenazah sudah disalatkan di Masjid Al-Azhar, Kairo, setelah salat Jumat di Masjid Al-Azhar, 17 Mei 2019. Seribuan masyarakat Indonesia serta asing turut mendoakan. Mudah-mudahan khusnul khotimah,” tutur Helmy.

Jenazah Fatihatun akan diterbangkan ke Jakarta pada Sabtu (18/5) dengan Turkish Airline. Jenazah diperkirakan datang di Indonesia pada Minggu (19/5) serta langsung diterbangkan ke Jepara lewat Semarang, Jawa Tengah, pada Senin (20/5).